Selasa, 21 April 2009

Kartini

November 1901, Raden Ajeng Kartini, putri Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, bupati Jepara membaca karya sastra “Surat-Surat Cinta” dan “Max Havelaar”. Selain korespondensi dengan kawan-kawannya di Belanda, Kartini suka sekali membaca karya sastra Multatuli dan beberapa karya sastra tinggi berbahasa Belanda lainnya. Lantas, kemajuan berpikir teman-tamannya di Eropa menginspirasinya untuk berjuang menyibak tabir gelap hak-hak perempuan pribumi yang cuma sebatas tembok rumah.
Kebebasan menuntut ilmu bagi perempuan Jawa kala itu menjadi salah satu catatan penting yang diperjuangkannya.






Kini seabad lebih peringatan kebangkitan dari kegelapan Kartini menggema di seluruh negeri. Lihatlah sekolah-sekolah dan kantor-kantor yang serentak mengidentifikasi peringatan Kartinian sebagai medium menunjukkan identitas baju daerah. Sebuah penghormatan terhadap budaya bangsa memang tak boleh luntur. Namun perlahan dan terus terjadi, penghormatan perjuangan Kartini lebih banyak ditunjukkan dengan menggelar peragaan busana adat Nusantara. Rasanya jauh sekali dengan cita-cita yang dicatatkan Kartini dalam “Habis Gelap Terbitlah Terang”.



Busana adat memang akan terus dipakai setahun sekali. Namun mudah-mudahan sekolah dan pendidik juga punya agenda untuk menularkan semangat kebebasan berpikir dan belajar bagi siswa.

lokasi foto: SDN Pakis III, Surabaya

3 komentar:

  1. mas, foto ketiga kayak gimana yaa? aku ndak gitu jelas...

    BalasHapus
  2. foto ke-3, salah seorang siswa yg dipotret ibunya di kelas, sesaat sebelum pentas busana daerah.

    BalasHapus
  3. Wah...foto2nya khas banget Mas!!! satire photography ^_^v

    BalasHapus